Sebelum ujian TOEFL, ada baiknya jika Anda mengikuti TOEFL preparation yang diselenggarakan oleh E-Learning ECOFINCO yang diselenggarakan secara jarak jauh. TOEFL ialah Test of English as a Foreign Language atau ujian Bahasa Inggris yang diorganisir sebuah lembaga Amerika bernama ETS (Educational Testing Service). Semua lembaga dan pusat bahasa bekerja sama dengan ETS ketika akan mengadakan TOEFL. Hasil skor yang diraih oleh para peserta dapat digunakan untuk pengajuan beasiswa, meneruskan pasca sarjana, syarat pertukaran pelajar, atau sekolah di luar negeri. Ada 3 jenis TOEFL yang sering diselenggarakan, yaitu PBT (Paper Based Test) dengan skor maksimum 677, IBT (Internet Based Test) dengan skor 120, dan CBT (Computer Based Test) dengan skor 330. Dari 3 jenis TOEFL tersebut, hanya skor dari TOEFL IBT yang dapat digunakan untuk sekolah di luar negeri karena berskala internasional. Sedangkan hasil skor dari PBT atau CBT hanya bisa dipakai di wilayah lokal saja, dan memiliki masa expired setelah 2 tahun.

APA PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL® IBT DAN TES TOEFL® ITP?

- Pada tes TOEFL® iBT, tes dilakukan secara online melalui internet sedangkan tes TOEFL® ITP dilakukan melalu ujian tertulis. Tes TOEFL® ITP saat ini sudah banyak ditinggalkan, namun masih banyak digunakan oleh sebagian besar universitas di Indonesia. 

- Tes TOEFL® iBT mengukur keahlian mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Tes ini dilakukan lebih dari 50 kali setahun dan dilakukan secara online. 

- Tes TOEFL® ITP mengukur keahlian membaca, mendengar, tata bahasa, dan menulis. Tes ini dilakukan secara tertulis atau di negara dengan akses internet tidak tersedia.