Akuntansi syariah merupakan bidang yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan kelembagaan saat ini, baik lembaga keuangan maupun non keuangan. PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan) merupakan dasar atau pedoman yang digunakan dalam menyusun pelaporan keuangan baik buruknya perkembangan PSAK ini secara oromatis akan mempengaruhi bagus tidaknya perkembangan akuntansi.

Seiring dengan berjalannya waktu, ekonomi syariah pun mulai menjadi salah satu fokus di dalam lembaga keuangan, yang tidak lagi hanya sebagai alternatif atas kekurangan ekonomi konvensional, tetapi sudah menjadi perekonomian solutif dalam  memecahkan persoalan ekonomi. Oleh karena itu, keberadaan akuntansi syariah mutlak diperlukan untuk mengimbangi laju perkembangan ekonomi syariah ini.

Keberadaan PSAK Syariah yang baik akan mendorong terciptanya sistem akuntansi yang baik pula, sehingga akan tersedia informasi yang dapat dipercaya. Peran keberadaan PSAK Syariah yang matang, akan berimbas pada perkembangan Lembaga Keuangan Syariah. Dalam hal ini, bisa kita ambil suatu kesimpulan bahwa keberadaan PSAK Syariah memiliki peranan penting dalam hal pengembangan ekonomi syariah secara praktik. Kesempuranaan PSAK Syariah sebagai pedoman dalam pelaporan dalam pelaporan dan pengambilan keputusan, akan berdampak pada maju dan makin dipercayanya eksistensi dari lembaga keuangan syariah, yang kemudian mengarah pada berkembangnya lembaga keuangan syariah tersebut. Selanjutnya, proses yang terjadi setelah masifnya lembaga keuagnan syariah tersebut adalah pesatnya perkembangan ekonomi syariah secara praktis yang kemudian mendukung perkembangan ekonomi syariah secara teoritis.

 

Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat memahami PSAK akuntansi syariah secara keseluruhan.

 

Materi Pelatihan :

 

1.     PSAK 101 : Penyajian Laporan Keuangan Syariah

2.     PSAK 102 : Akuntansi Murabahah

3.     PSAK 103 : Akuntansi Salam

4.     PSAK 104 : Akuntansi Istishna

5.     PSAK 105 : Akuntansi Mudharabah

6.     PSAK 106 : Akuntansi Musyarakah

7.     PSAK 107 : Akuntansi Ijarah

8.     PSAK 108 : Asuransi Syariah

9.     PSAK 109 : Akuntansi, Zakat, Infak dan Sedekah

10.  PSAK 110 : Akuntansi Sukuk

11.  Pembahasan Mengenai Penyesuaian/Update PSAK Syariah Terbaru



Fasilitas : Sertifikat, Softcopy (Flashdisk) dan Hardcopy, Training Kit

Biaya : Rp. 3.000.000,00