IELTS adalah Sistem Tes Bahasa Inggris Internasional, tes bahasa Inggris dengan pertaruhan tinggi yang paling populer di dunia diterima untuk tujuan bekerja, belajar dan migrasi.

Tes IELTS dimiliki bersama oleh tiga organisasi yang dikenal sebagai mitra tes IELTS. Di samping IDP:IELTS Australia, mitra pemilik lainnya adalah the British Council dan Cambridge English Language Assessment.

Tes IELTS dirancang untuk menilai kemampuan bahasa seseorang yang ingin belajar atau bekerja di tempat di mana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa komunikasi. Tes ini merupakan tes bahasa Inggris yang paling disukai bagi siswa yang bermaksud untuk belajar di Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris dan, semakin banyak, di Amerika Serikat. Hampir semua perguruan tinggi dan universitas empat tahun di Amerika (yang menarik lebih dari 1.000 siswa internasional per tahun) menerima hasil IELTS sebagai syarat masuk ke semua program.

IELTS adalah tes empat keterampilan bahasa Inggris (Menyimak, Membaca, Menulis dan Berbicara) dan terus menetapkan standard untuk tes bahasa Inggris hari ini. Lebih dari 9.000 organisasi menerima hasil IELTS, mengakuinya sebagai indikator yang terjamin, valid dan terpercaya untuk kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan kenyataan untuk tujuan pendidikan, imigrasi dan pendaftaran profesional. Pada tahun 2013, lebih dari dua juta tes IELTS diselenggarakan di seluruh dunia.

Format tes IELTS

IELTS adalah tes untuk keempat keterampilan bahasa: Mendengar, Membaca, Menulis dan Berbicara. Anda akan melaksanakan tes Mendengar, Membaca dan Menulis pada hari yang sama, secara berurutan tanpa istirahat di antaranya. Tergantung pada tempat pelaksanaan tes anda, tes Berbicara mungkin dilaksanakan pada hari yang sama dengan tiga tes lainnya, atau sampai dengan tujuh hari sebelum atau setelahnya. Total waktu tes kurang dari tiga jam.


Sebelum ujian TOEFL, ada baiknya jika Anda mengikuti TOEFL preparation yang diselenggarakan oleh E-Learning ECOFINCO yang diselenggarakan secara jarak jauh. TOEFL ialah Test of English as a Foreign Language atau ujian Bahasa Inggris yang diorganisir sebuah lembaga Amerika bernama ETS (Educational Testing Service). Semua lembaga dan pusat bahasa bekerja sama dengan ETS ketika akan mengadakan TOEFL. Hasil skor yang diraih oleh para peserta dapat digunakan untuk pengajuan beasiswa, meneruskan pasca sarjana, syarat pertukaran pelajar, atau sekolah di luar negeri. Ada 3 jenis TOEFL yang sering diselenggarakan, yaitu PBT (Paper Based Test) dengan skor maksimum 677, IBT (Internet Based Test) dengan skor 120, dan CBT (Computer Based Test) dengan skor 330. Dari 3 jenis TOEFL tersebut, hanya skor dari TOEFL IBT yang dapat digunakan untuk sekolah di luar negeri karena berskala internasional. Sedangkan hasil skor dari PBT atau CBT hanya bisa dipakai di wilayah lokal saja, dan memiliki masa expired setelah 2 tahun.

APA PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL® IBT DAN TES TOEFL® ITP?

- Pada tes TOEFL® iBT, tes dilakukan secara online melalui internet sedangkan tes TOEFL® ITP dilakukan melalu ujian tertulis. Tes TOEFL® ITP saat ini sudah banyak ditinggalkan, namun masih banyak digunakan oleh sebagian besar universitas di Indonesia. 

- Tes TOEFL® iBT mengukur keahlian mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Tes ini dilakukan lebih dari 50 kali setahun dan dilakukan secara online. 

- Tes TOEFL® ITP mengukur keahlian membaca, mendengar, tata bahasa, dan menulis. Tes ini dilakukan secara tertulis atau di negara dengan akses internet tidak tersedia.